Produk ini Harganya Nggak Masuk Akal | by Yasier Fadilah | Jul, 2022


Photo by Afif Kusuma on Unsplash

Tiap orang bisa punya selera yang berbeda. Termasuk ketika memilih barang atau produk. Ada yang suka memilih barang karena gengsi. Ada juga yang memilih barang karena fungsi. Saya termasuk yang memilih barang karena fungsi. Karena yang terpenting dari suatu barang adalah fungsinya.

Saya nggak menyalahkan orang yang suka memakai barang karena gengsi. Biasanya, barang-barang yang bergengsi pun kualitasnya bagus. Jadi, kita bisa awet memakainya.

Tapi, gimana jadinya kalau beli barang yang mahal dan bergengsi, tapi kualitasnya biasa aja?

Ada beberapa barang yang sebenarnya barang biasa atau sepele, tetapi dijual mahal. Kalau barang-barang elektronik seperti smartphone atau laptop mungkin masih wajar ya. Nah, kalau barang-barang sehari-hari, kayanya perlu mikir-mikir dulu buat dibeli dengan harga mahal. Karena kita masih bisa beli barang yang sama dengan harga yang lebih murah.

Saya mau share beberapa barang yang harganya nggak masuk akal.

Photo from popmama.com

Ngomong-ngomong, ada payung yang harganya luar biasa mahal. Harganya sekitar 680 juta. Harganya hampir sama dengan satu buah mobil mewah. Padahal, kita biasa beli payung dengan harga murah. Terus apa sih istimewanya payung ini?

Jadi, payung ini terbuat dari kulit buaya. Bahan yang nggak biasa buat dijadikan payung. Payung ini, katanya ditujukan untuk laki-laki yang ingin tampil elegan. Elegan sih. Tapi, apakah harganya masuk akal?

Photo from celebrities.id

Barang yang kedua adalah kotak tisu. Seperti yang kita tahu, yang namanya kotak tisu yaa buat nyimpen tisu biar lebih rapi. Banyak kotak tisu yang dijual murah di pasaran. Tapi, gimana kalau ada kotak tisu yang harganya 14 juta?

Iya. Jadi, ada kotak tisu yang menurut saya harganya nggak masuk akal. Karena uang segitu bisa dibeliin barang lain yang fungsinya lebih banyak. Kalau menurut kamu masuk akal nggak?

Photo from popmama.com

Apa yang kamu pikirkan tentang penjepit kertas?

Itu benda sederhana yang biasanya dijual dengan harga yang murah. Tapi, ternyata ada penjepit kertas yang harganya berkali-kali lipat dari harga di pasaran. Ada penjepit kertas yang dihargai sekitar 2 jutaan. Harga yang nggak masuk akal.

Penjepit kertas itu adalah keluaran dari brand ternama asal Italy. Bahan penjepitnya memang dilapisi oleh perak. Tapi, apa istimewanya penjepit kertas dari perak? Menurut kamu masuk akal nggak?

Dari benda-benda tadi, kita bisa belajar kalau nilai dari suatu barang atau produk itu relatif. Harga produk nggak selalu sesuai sama fungsinya. Mungkin ada yang bahannya terbuat dari bahan-bahan yang mahal. Tapi, kita bisa melihat apakah bahan itu sesuai sama fungsinya atau nggak.

Saya nggak bermaksud menyudutkan pihak tertentu. Balik lagi, ini masalah selera dan kemampuan seseorang buat membeli barang-barang itu. Kalau saya pribadi sih, lebih memilih fungsi dulu, baru gengsi.

Nah, ini juga bisa jadi pelajaran buat kamu yang mau nentuin harga produk. Coba tentuin harga produk yang memang sesuai antara fungsi dan kualitas barangnya.



Source link