Cara Membangun Personal Branding Untuk Meningkatkan Level Karir Yang Sempurna | by Rio Alam Samudra | Aug, 2022


Cara Membangun Personal Branding Untuk Meningkatkan Level Karir Yang Sempurna

Lalu bagaimana sih cara untuk meningkatkan personal branding yang baik agar bisa meningkatkan level karir yang sempurna? Simak di bawah ini ya.

Apa Itu Personal Branding?

Personal branding adalah teknik untuk membentuk kembali persepsi pribadi seseorang sehingga masyarakat atau orang lain dapat menilainya berdasarkan pencapaian mereka. Anda dapat mengatakan bahwa ini adalah kesempatan Anda untuk menyoroti individualitas dan sifat-sifat Anda.

Farco Siswiyanto Raharjo dalam buku The Master Book of Personal Branding menyatakan bahwa arti personal branding adalah cara seseorang mengambil kendali penilaian orang lain atas diri individu tersebut.

Oleh karena itu, branding umumnya diperlukan untuk semua orang, termasuk pemilik bisnis, akademisi, programmer, penulis, influencer, dan bahkan mahasiswa sekalipun.

Pentingnya Membangun Personal Branding

Membangun personal branding sangat penting untuk pertumbuhan bisnis. Setidaknya Anda cepat dikenali dan mendapatkan apresiasi positif dari penonton. Berikut adalah manfaat dari proses memperkenalkan produk dan layanan.

  1. Kepercayaan Public

Membangun merek Anda sendiri dengan semua kelebihan dan kekurangannya akan memenangkan rasa hormat publik. Keberanian Anda dalam menawarkan barang dan jasa ke lingkungan sekitar menunjukkan tingkat dedikasi yang tinggi.

2. Membangun Rasa Percaya Diri

Kemampuan untuk meningkatkan kepercayaan diri seseorang adalah salah satu alasan mengapa mengembangkan merek pribadi seseorang sangat penting. Ini agar Anda dapat bekerja lebih produktif, dengan antusiasme yang lebih besar, dan kepercayaan diri pada kemampuan Anda.

3. Memperluas koneksi

Dengan membangun citra diri yang baik, maka Anda bisa lebih mudah meningkatkan exposure, lho! Terlebih jika Anda aktif melakukan networking. Alhasil koneksi Anda makin luas, bahkan hingga ke luar bidang yang Anda tekuni.

Cara Membangun Personal Branding Yang Baik

1. Cari tahu siapa Anda

Pertama-tama Anda perlu tahu siapa diri Anda, apa kelebihan dan keunikan yang Anda miliki dibanding orang lain. Buatlah daftar pertanyaan untuk ditanyakan pada diri sendiri, misalnya:

  • Bidang pekerjaan apa yang Anda kuasai
  • Apa motivasi Anda
  • Apa yang orang lain puji tentang Anda
  • Proyek apa yang berulang-ulang membutuhkan bantuan Anda
  • Peran apa yang sekiranya menguras energi Anda
  • Proyek mana yang memerlukan waktu berjam-jam tanpa Anda merasa lelah

Jika Anda mengalami masalah dalam menjawab, pertimbangkan untuk bertanya kepada keluarga, teman, atau rekan kerja Anda bagaimana mereka akan mencirikan Anda. Dengan demikian, Anda dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang berbagai aspek kepribadian Anda dan memutuskan cara terbaik untuk membangun merek Anda.

2. Tentukan tujuan yang jelas

Membangun citra diri berikutnya melibatkan tujuan tertentu. Anda harus memutuskan tujuan yang akan dicapai setelah secara efektif mengidentifikasi keunggulan pribadi dan kualitas khas Anda. Bagaimana Anda ingin orang-orang memandang Anda? Sebagai orang yang memiliki karakter sempurna, sebagai otoritas di daerah Anda, atau dalam kapasitas lain?

Dengan begitu, Anda bisa menentukan strategi tepat untuk membentuk persepsi masyarakat atas diri Anda.

3. Menjaga konsistensi

Dalam membangun personal branding artinya Anda ingin orang lain mengenal Anda sebagai pribadi yang unik. Untuk bisa mewujudkannya, Anda perlu membangun kepercayaan publik dengan cara bersikap konsisten dalam menunjukkan citra diri tersebut.

4. Memaksimalkan Media Sosial

Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam hal mengembangkan personal branding. Namun, jangan menyerah dulu. Anda sudah akrab dengan salah satu aspek ini, terutama media sosial. Anda dapat menggunakan berbagai platform media sosial untuk pendekatan personal branding Anda. dari LinkedIn ke Instagram, YouTube, Twitter, dan Facebook.

Apakah semuanya harus digunakan untuk personal branding?

Bisa iya, bisa tidak. Tergantung kebutuhan, bidang pekerjaan, dan target audience Anda. Anda bisa saja menggunakan hanya satu, dua, atau bahkan semua kanal media sosial yang ada. Intinya adalah riset terlebih dahulu.

Untuk mendukung anda dalam membangun personal branding, Sertifikasiku menawarkan sejumlah solusi sertifikasi kompetensi untuk mendukung Anda dalam meningkatkan personal branding. Memiliki sertifikasi kompetensi dapat membantu Anda menonjol dari harapan pekerjaan lain dengan meningkatkan personal branding Anda di mata perekrut dengan memasukan sertifikasi kamu kedalam CV, tidak hanya itu dengan memiliki sertifikasi kamu bisa membangun branding di platform medsos seperti LinkedIn dengan upload sertifikasi di lisensi untuk menarik perhatian recruiter. Beberapa produk sertifikasiku terdiri dari:

1) Sertifikasi Profesi Registered Securities Analyst (RSA)

Securities Analyst merupakan profesi yang menjadi nyawa bagi Perusahaan di industri jasa keuangan. Rekomendasi dari profesional Securities Analyst sangat mempengaruhi perkembangan industri jasa keuangan khususnya pasar modal.

Untuk menjaga kompetensi para profesional maupun calon profesional Securities Analyst saat ini Pasar Modal telah memiliki Certified Securities Analyst (CSA®) & Registered Securities Analyst (RSA®). Yaitu sertifikasi kompetensi bagi seluruh calon maupun Research Analyst di industri jasa keuangan.

Untuk menjaga kualitas dan meningkatkan jumlah profesional Profesi Securities Analyst di seluruh Indonesia, yaitu dengan menawarkan Sertifikasi CSA® & RSA® kepada seluruh stakeholder Pasar Modal.

2) Sertifikasi Profesi Digital Marketing

Saat ini dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat serta Internet yang sudah tidak bisa dipisahkan dari bagian keseharian masyarakat, terlebih pasca pandemi diprediksi semua aktivitas akan bergeser ke digital termasuk marketing.

Oleh karena itu tren penggunaan Digital marketing sudah harus diterapkan dalam penjualan agar dapat mengikuti perubahan yang sudah terjadi.

Selain ini Pemasaran Digital (Digital marketing akan membantu kamu dalam mendapat target pasar yang lebih optimal serta meningkat ROI lebih cepat dan membangun branding dengan cost yang lebih murah dibanding pemasaran tradisional.

3) Sertifikasi Kompetensi Junior Web Programming

Di era teknologi seperti saat ini pekerjaan sebagai web programmer sangat menjanjikan hingga beberapa tahun kedepan. Menurut Tech in Asia, Web Programmer menempati urutan pertama jenis pekerjaan yang banyak dicari. Ini dikarenakan semakin pentingnya kebutuhan website ataupun mobile apps dalam menunjang aktivitas bisnis atau usaha. Oleh karena itu bukan tidak mungkin kebutuhan seorang web programming akan dicari oleh banyak perusahaan. Selain pekerjaan yang menjanjikan, seorang web programmer juga salah satu jenis pekerjaan yang mempunyai gaji yang relatif tinggi dan biasanya mempunyai waktu dan tempat kerja yang fleksibel.

Pelatihan Sertifikasi Kompetensi Junior Web Programmer diharapkan mampu menjadi penunjang kamu dalam berkarir. Setelah mengikuti pelatihan di Sertifikasiku dan dinyatakan kompeten Uji Kompetensi, maka akan mendapatkan pengakuan sebagai seorang web programmer yang kompeten dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Setelah dinyatakan kompeten, diharapkan dapat memahami spesifikasi program, menggunakan bahasa pemrograman terstruktur, mengembangkan user interface, melakukan debugging program, membuat paket perangkat lunak, dan menyusun dokumentasi kode program.

4) Sertifikat Kompetensi Certified Risk Associate (CRA)

Tata kelola usaha yang baik akan memberikan hasil usaha yang baik pula. Dalam rangka meningkatkan praktik tata Kelola usaha yang baik dibutuhkan Pimpinan dan karyawan yang memiliki syarat minimum dan standar kompetensi serta keahlian di bidang manajemen risiko bagi kegiatan usaha Perusahaan.

Untuk mencapai syarat minimum dan standarisasi kompetensi serta keahlian bagi Pimpinan dan karyawan Perusahaan diperlukan adanya Sertifikasi Manajemen Risiko yang sejalan dengan perkembangan terkini.

Untuk mendukung rencana kerja dalam pengelolaan risiko maka dengan ini kami menawarkan Pelatihan Enterprise Risk Management (ERM) Berbasis ISO 31000 dan Uji Kompetensi CRA® (Certified Risk Associate). Dimana pelatihan ini akan memberikan pemahaman dan peningkatan kompetensi peserta yang dibawakan secara sistematis dan efektif sesuai dengan best practice, serta Uji Kompetensi akan dilakukan dengan menggunakan unit-unit kompetensi yang terdapat dalam Standar Kompetensi Khusus (SKK) Bidang Manajemen yang sudah terdaftar di Kementerian Tenaga Kerja.

Nah, beberapa produk diatas merupakan produk yang ada di Sertifikasiku. Anda bisa mengetahui lebih lengkap lagi produk Seritikasiku yang ada di https://sertifikasiku.com/. dihari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 Sertifikasiku mengadakan promo besar-besaran untuk semua produknya. Kalian bisa cek promo tersebut di Instagram Sertifikasiku di @sertifikasiku.



Source link